Minggu, 02 Desember 2012

Sekedar Harapan yang Berusaha Diwujudkan.

Sebuah keprihatinan waktu hari Sabtu kemarin nonton televisi. Kebetulan program acara yang aku tonton adalah Idola Cilik. Sebuah acara kompetisi yang mencari penyanyi cilik untuk dijadikan idola baru di Indonesia. Lalu mengapa prihatin? bukankah harusnya senang dan bangga?. Keprihatinan muncul manakala audisi dilakukan dibeberapa kota. Sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan, yaitu banyaknya peserta yang lebih asik mendendangkan lagu-lagu untuk orang dewasa sebagai lagu audisi mereka. WoW, setidaknya waktu itu aku lihat anak umur 9 tahun udah fasih benar nyanyiin lagu playboy dari 7icon. Nggak hanya itu, gerakannya pun sama persis dengan koreo 7icon.

Sisi keprihatinan dari apa yang aku tonton adalah betapa anak-anak sekarang tidak mendapat konsumsi lagu seumuran mereka. Yupz..lagu anak-anak yang biasanya berisi imajinasi, pesan moral dan hal-hal yang pantasnya dipikirkan anak-anak. Tidak hanya itu, kadang aku heran juga, soalnya orang tua mereka cenderung bangga mengetahui anaknya bisa menirukan lagu dewasa dengan berbagai macam lirik yang tidak sepantasnya anak-anak mereka dengar dan nyanyikan.

Mungkin keprihatinan ini jangan kemudian membuat kita menyalahkan orang tua atau bahkan si anak itu sendiri. Akar permasalahan tidak selalu muncul dari mereka, namun dari sedikitnya lagu anak-anak yang saat ini ada dipasaran justru mempunyai andil begitu besar. Industri musik saat ini tidak merambah ke segmen anak-anak, karena market mereka lebih ke remaja dan orang dewasa. Sehingga terkadang orang tua juga tidak memiliki pilihan ditengah kesibukan dan keterbatasan ekonomi mereka, untuk secara khusus mencari lagu anak yang kemudian diperdengarkan pada buah hati mereka.

Disisi lain dulu aku pernah nonton acara Kick Andi, pembicaranya aku lupa, namun seingat aku dulu ngebahas soal komunitas yang membuat lagu khusus untuk anak-anak. Lagu tersebut kemudian secara gratis bisa diperoleh di internet, webnya aku lupa namanya..he3. Nah, dari hal itu, aku kepikiran buat nyoba download lagu-lagu tersebut, lalu di copy lewat keping cd dan dibagi gratis ke orang tua yang punya anak gitu.

Tentunya dengan minta ijin dulu kepada komunitas yang mengunggah lagu anak di situs web mereka. Ya minimal aku bisa berkontribusi di masyarakat walau kecil. Ada yang tertarik ikut? Nyumbang cd blank gitu..ho3. Rencananya Januari atau Februari gitu kita bagiin di acara Solo Car Free Day, mengingat konsentrasi rekreasi keluarga di sana cukup tinggi. SEMOGA TEREALISASI...INSYAALLOH. Yang berminat dibahas yuck..demi generasi Indonesia yang cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar